Amanah Takaful News

10 Oktober : Ayo, Jaga Mental mu Seperti Kamu Menjaga Fisikmu

World Federation of Mental Health (WFMH) secara langsung menciptakan dan mendukung langsung peringatan Hari Kesehatan Mental yang menjadi ajang tahunan setiap 10 Oktober. 

WFMH menyatakan bahwa mereka telah mendapatkan laporan dari negara-negara yang berpenghasilan tinggi lebih dari 75% penduduknya mengidap depresi dan mereka tidak bisa mendapatkan perawatan yang memadai. begitupun sebaliknya untuk negara-negara yang berpenghasilan menengah atau rendah mereka tidak bisa memberikan obat sama sekali kepada pengidap gangguan mental. 

Apalagi seperti yang kita alami. Dampak dari Pandemi COVID-19 ini menyebabkan krisis global untuk kesehatan mental. Berdasarkan jurnal faktor yang mempengaruhi kesehatan mental masyarakat yang paling utama depresi karena resesi ekonomi yang disebabkan COVID-19 ini secara tiba-tiba. Angka bunuh diri pun meningkat karena faktor PHK massal yang menyebabkan pengangguran meningkat dan tekanan ekonomi pun menjadi meningkat. Bukan hanya pekerja, Pelajar juga mengalami dampak yang cukup besar di mana mereka harus belajar dengan metode jarak jauh lalu ruang untuk bersosialisasi  mereka dengan teman-teman nya yang dibatasi. Sehingga banyak dari mereka juga memiliki rasa cemas dan khawatir yang berlebihan. 

Sahabat, bukan hanya kamu tetapi kita semua mengalaminya. Jangan biarkan kamu larut dengan rasa depresi itu. Ayo,bangkit kembali kita jaga kesehatan mental seperti kita menjaga fisik kita. Dengan Tips Mental Health by Amanah Takaful:

      1. Mulai Rutinkan Olahraga 

Seperti yang telah kita ketahui olahraga dapat berdampak besar untuk kesehatan mental dan emosional kita loh. Karena dengan berolahraga stres kita dapat teratasi dan bisa membantu agar tidur lebih nyenyak. 

Baca Juga : menerapkan konsistennya naruto dalam kehidupan

 

  1. Mulai Kembali Aktivitas Tegur Sapa Secara Langsung

Sahabat, sekarang ruang sosialisasi kita tidak terlalu dibatasi. Kini saat nya kita memulai menegur sapa secara ringan dengan tetangga atau teman bisa loh. Tidak perlu waktu yang cukup lama kamu sudah dapat menenangkan sistem saraf dan menghilangkan stres apalagi jika kamu berinteraksi untuk kebaikan seperti yang dilakukan komunitas kebaikan yang bisa kamu lihat di Instagram @amanah.wakaf  dan @amanah_takaful

 

  1. Mulai  20.000 Ribu 

Apa yang mulai 20.000 Ribu? Ya, sedekah lah. Sahabat tau ga sih kalau sedekah bisa membuat mental kita lebih sehat Karena dalam struktur otak ketika kita memberi, maka yang berfungsi adalah nucleus accumbens yang akan memberikan kesenangan. 

Selain itu sedekah juga bisa untuk menangkal agar bencana sejenis wabah penyakit ini tidak kembali merajalela lagi. Karena salah satu janji Allah SWT bahwa sedekah bisa menjadi penolak bala. Sebagaimana sabda Nabi SAW: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah dan obatilah penyakitmu dengan sedekah.

Apalagi saat ini kamu dapat bersedekah dimanapun dan kapan pun. Melalui amanahtakaful.org pilihan beragam mulai dari Sedekah Al-Qurán untuk Para Santri, Sedekah Al-Qurán Braille untuk Muslim Tunanetra, Sedekah Iqro untuk Anak Pelosok Negeri, dan masih banyak pilihan lainnya… 

 

Segera selesai! Jangan sampai kelewatan Loh! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Bisa kami bantu?
Assalamuallaikum..