Amanah Takaful News

Ekpedisi Tebar Al-Qurán Jawa-Kalimantan

Hampir 3 pekan lamanya di awal tahun 2023 ini Ibu Maulini, relawan Wakaf Al-Qurán Amanah Takaful, mengendarai minibusnya menempuh jarak lebih dari 2.000 KM dari Provinsi Lampung (menyusuri Pulau Jawa) hingga ke Pulau Sebatik di ujung utara Kalimantan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Tidak hanya jalur darat, dalam ekspedisi kali ini beliau harus sampai tiga kali menggunakan kapal laut untuk menyebarang. Pertama dari Lampung (Sumatera) ke Merak (Banten), dari Surabaya ke Balikpapan dan terakhir dari Tarakan ke Pulau Sebatik. Uniknya, saat menyeberang ke pulau yang dihuni oleh masyarakat Indonesia dan Malaysia tersebut, Ibu Maulini harus menaiki Kapal LCT (Landing Craft Tank), kapal yang awalnya digunkakan sebagai kendaraan militer namun kini dialihfungsikan menjadi kapal pengangkut berbagai alat-alat berat, cargo, serta bahan konstruksi.

Membawa misi menebarkan Al-Qurán kepada para santri TPA/TPQ, Masjid, Ponpes dan Majelis Taklim yang membutuhkan di sepanjang jalan yang dilaluinya, Ibu Maulini menyalurkan lebih dari 100 Mushaf Al-Qurán Amanah Takaful sambil juga bersilaturahim dengan komunitas PKBM di tiap Kabupaten/Kota baik di pulau Jawa maupun Kalimantan.

Dimulai dari Di PKBM Karya Sabil di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, Ibu Maulini melanjutkan aksi tebar Al-Qurán ke timur pulau Jawa tepatnya di PKBM Kabupaten Pemalang Jawa tengah dan Pengajian Hajar Atur di Desa Tlogoharum, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sebelum bertolak ke Kalimantan, Ibu Maulini juga menyempatkan untuk menyalurkan Al-Qurán kepada PKBM Budi Utomo di Kota Surabaya Jawa Timur.

Setibanya di Kalimantan, selama menyusuri jalur darat sisi timur pulau Borneo tersebut, Ibu Maulini mengunjungi para pegiat UKM di Bontang Kalimantan Timur serta PKBM Ambalat Mulya di Jl. Pendidikan Margo Mulyo, Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur. Dan hingga akhirnya sampai juga di ujung akhir ekspedisi tebar Al-Qurán yaitu di Pulau Sebatik tepatnya Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah dan Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Bisa kami bantu?
Assalamuallaikum..