Amanah Takaful News

Softskill yang Harus Dimiliki di era Digital

AKU HARUS BISA APA ?

Sahabat pasti sudah menyadari, kalau di zaman sekarang banyak keahlian baru yang tidak bisa kita temukan di zaman orangtua dahulu. Perkembangan zaman yang cenderung ke era digital,  tentunya banyak lapangan pekerjaan yang memerlukan beberapa keahlian-keahlian baru ini.

Khususnya untuk sahabat yang termasuk dalam generasi millenial dan generasi Z, sudah sewajibnya mempelajari beberapa skill, antara lain Social Media Marketing, Web Developer, Desainer Grafis, Web Desainer sampai Content Writer

Namun jangan hanya terfokus pada hard skill diatas, sahabat juga perlu meng-upgrade diri pada kemampuan dalam diri sahabat. Ini disebut dengan soft skill. 

Nah apa aja sih yang mesti dilatih dalam diri sahabat untuk bertahan di era digital saat ini ? Berikut beberapa soft skill yang penting di miliki untuk generasi saat ini. 

1. Kreativitas

Zaman sekarang apa – apa serba konten, dan bidang apapun kita dalam bekerja kantoran, pasti dapat tuntutan ide menarik dan baru. Kalau zaman dulu mungkin tim kreatif hanya kita temukan di perusahaan televisi. Tapi saat ini hampir tiap perusahaan dalam bentuk apapun, membutuhkan tim kreatif.  

2. Kemampuan Ber-adaptasi

Kalau punya hard skill yang tinggi tapi kurang bisa ber-adaptasi, bisa berakibat gak baik loh buat sahabat dan lingkungan perusahaan, apalagi ini perihal kenyamanan. Dan tidak hanya pada lingkungan, kemampuan ber-adaptasi ini juga dituntut terhadap berbagai perubahan yang mungkin akan terjadi di masa depan. 

3. Kecerdasan Emosional

Dalam beberapa riset, kecerdasan emosional berperan penting dalam perjalanan dan kesukesan karir. Karena kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri, tak hanya itu, kecerdasan emosional juga membantu mengenali lingkungan dan orang-orang yang berada di sekitar kita

Maka sudah jelas bukan kalau kecerdasan emosional penting pada beberapa urusan dalam dunia pekerjaan, seperti memimpin rapat, membahas penilaian kerja, menerima umpan balik, merekrut orang sampai melakukan wawancara. 

4. Persuasi

Intinya kemampuan untuk membujuk orang lain, tentunya harus pandai mempengaruhi orang lain. Kemampuan Persuasi ini mencakup beberapa keahlian, diantaranya seperti kemampuan kontrol diri yang baik, public speaking, berargumen dan berfikir logis.

5. Kemampuan Berkolaborasi

Bekerja dalam tim tentu akan lebih mudah dan efisien, kemampuan berkolaborasi menuntut kerjasama dan tentunya harus saling memahami satu sama lain. Jika kolaborasi lancar, InsyaAllah mencapai goal yang diinginkan dengan baik. 

Yuk sahabat, upgrade dirimu dan latih dirimu kuasai soft skill diatas . Banyak banget ilmu yang kita bisa dapat hanya bermodal video internet dan pengalaman keseharian  jika kita bisa memanfaatkannya. Semangat 

#AmanahTakaful #PeduliBerbagi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Bisa kami bantu?
Assalamuallaikum..