Amanah Takaful News

Hari Santri Nasional. Amanah Takaful Gandeng Pemda Bantul Gelar Khataman Massal 5000 Siswa

SEBANYAK 5.000 siswa yang berasal dari 214 SD Negeri dan SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul mengikuti Khataman Alquran yang digelar secara daring dan luring di 47 titik lokasi sekolah.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 itu digagas oleh Amanah Takaful bekerja sama dengan Komunitas Berkah Jogja Berbagi Anak Yatim Piatu (BJB-AYP), Yayasan Khadimul Ummah Madani (KUM) serta dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, Disdikpora dan Diskominfo Kabupaten Bantul, Jumat (21/10).

Pusat acara yang berada di SMPN 1 Imogiri Bantul ini dihadiri oleh Bupati  Bantul Abdul Halim Muslih, Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman, serta jajaran DPRD Kabupaten Bantul, Kapolsek, Kodim, MUI, Kemenag, Danlanal serta seluruh Kepala Sekolah se-Kabupaten Bantul.

Isdarmoko, ketua penyelenggara yang juga sebagai Kepala Disdikpora Kabupaten  Bantul menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Khataman Quran yang diikuti ribuan siswa dan hampir seluruh SD Negeri dan SMP Negeri ini adalah yang pertama kali dilakukan di Bantul. Dan kami mengapresiasi dukungan Amanah Takaful yang menyebarkan hampir 6.000 Al-Qur’an kepada para siswa yang mengikuti kegiatan. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya juga secara khusus kepada Bapak Kusmadiyono Ketua BJB-AYP dan Yayasan Khadimul Ummah atas keterlibatannya membangun Bantul melalui Al-Qur’an,” ujarnya.

Selaras dengan visi Kabupaten Bantul yang disampaikan Isdarmoko, dalam sambutanya, Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman menyatakan kesiapannya untuk berkhidmat lebih luas lagi.

“Hari ini adalah peristiwa luar biasa bagi kita semua khususnya para peserta didik yang mengikuti khataman, sudah menjadi tugas kita menuntaskan misi besar selanjutnya yaitu bagaimana agar siswa bisa menghafal, memahami dan memaknai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Amanah Takaful menawarkan dan siap mensukseskan itu semua melalui Gerakan Bantul Menghafal Alquran. Semudah Tersenyum yang insyaAllah akan kita mulai dalam beberapa bulan kedepan,” ucap Ade.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Alquran secara simbolik kepada Bupati, Bunda Literasi Bantul, Kepala Disdikpora dan Ustadz Ahmad Zamidi di hadapan peserta khataman

Pada inti acara Bupati Kabupaten Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan jika spirit Hari Santri kali ini mesti diiringi dengan aksi nyata sebagai pribadi seorang santri

“Sejak dahulu nasionalisme telah mengalir dalam darah para santri dan ulama yang terlihat dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan. Maka sudah sepatutnya santri hari ini turut menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dengan cara membaca, menghafal dan mengamalkannya sehari-hari,” ujar Abdul Halim, sebelum memimpin pembacaan Alquran yang kemudian diikuti secara serentak oleh para peserta di seluruh titik pelaksanaan.

Acara yang dilaksanakan dengan khidmat ini terlaksana dengan baik seraya harapan seluruh pihak agar tahun depan kegiatan serupa kembali diadakan dengan melibatkan lebih banyak sekolah seperti tingkat SMA dan sederajat.

Di akhir kegiatan, seluruh peserta membacakan do’a khatam Quran yang dipimpin oleh Ustadz Subhan Nawawi serta dilanjut dengan silaturahim dan ramah tamah. (RO/OL-7) Hari Santri Alquran Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Bisa kami bantu?
Assalamuallaikum..