Amanah Takaful News

Kapan yaa hari tasyrik bulan dzulhijjah di tahun 2022?

Sebagai umat Islam tentu kita tidaklah asing dengan kata hari tasyrik. Hari tasyrik bukan hanya ada saat sebelum Puasa Ramadhan dan saat perayaan Idul Fitri saja, tetapi berlaku pada saat umat Islam sedang merayakan Idul Adha. Dapat kita ringkas bahwa hari tasyrik termasuk hari yang dilarang umat Islam untuk berpuasa. Karena di hari tersebut Allah SWT memerintahkan kita untuk makan, minum, dan mensyukuri segala nikmat yang Allah SWT telah berikan. Lalu, sekarang hari tasyrik jatuh pada tanggal berapa, ya? Yuk, simak ulasan lebih lengkapnya.

Jatuhnya hari tasyrik pada tanggal 11, 12, 13, Dzulhijjah atau lebih tepatnya 3 hari setelah jatuhnya hari raya Idul Adha. Setelah kita melakukan perayaan sholat Idul Adha atau Penyembelihan Hewan Qurban barulah setelah itu kita memasuki tanggal hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 di tahun ini maka hari tasyrik nya di mulai pada tanggal 11 sampai 13 Juli 2022.

Seperti yang kita ketahui pada hari tasyrik kita memang tidak diperbolehkan berpuasa melainkan mensyukuri segala nikmat yang diperitahkan untuk berdzikir kepada sang Maha Kuasa. Hal ini diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Bukhari:

“Dari sahabat Ibnu Abbas r.a., dari Nabi Muhamad SAW, dia bersabda, ‘Tidak ada amal pada hari-hari ini yang lebih utama daripada di hari-hari ini.â€Â(HR. Bukhari).

Sahabat, banyak loh amalan yang dapat kita kerjakan pada hari tasyrik:

1. Memperbanyak Doa

Salah satu amalan yang diajurkan untuk diperbanyak ialah berdoa. Di bulan Dzulhijjah ini kesempatan emas bagi segala hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT. Maka dari itu sahabat jangan ragu-ragu untuk memperbanyak doa dibulan ini.

2. Meminta Ampunan

Jangan hanya berdoa agar segala hajat kita dikabulkan, tetapi jangan lupa untuk berdoa agar segala kesalahan kita diberi ampunan oleh Allah SWT. Karena dosa yang kita perbuat bisa menjadi penghalang segala hajat yang kita panjatkan.

3. Menggemakan Takbir

Selain amalan-amalan yang lain kita dapat melakukan amalan memperbanyak takbir. Karena dengan kita mengumandangkan takbir kita mendapatkan ketenangan hati sehingga kita menjadi rendah hati. Keutamaan ini pun juga disampaikan oleh sahabat Rasulullah yang bernama Ibnu Abbas dalam Hadist Riwayat Bukhari:

“Ibu Abbas ra. Mengatakan, ‘sebutlah nama Allah (zikirlah) pada hari tertentu, ‘(Surat Al-Baqarah ayat 203). ‘Hari 10 dan hari-hari tertentu adalah hari Tasyrik. ‘Sahabat Ibnu Umar dan Abu Hurairah ra. Keluar ke pasar pada hari 10 sambil bertakbir. Orang-orang pun ikut bertakbir karena takbir keduanya. Muhammad bin Ali juga bertakbir setelah shalat sunnah.â€Â(HR. Bukhari).

Jadi gimana nih sahabat. Sudah siap untuk menyambut hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 11 – 13 Juli 2022 belum? Eits, jangan sampai lupa nih berzakat juga bisa menjadi amalan yang sangat Allah SWT terima. Amanah takaful inshaallah amanah dengan memberikan rekapan penyaluran selama 1 bulan ke setiap nomor yang konfirmasi telah berdonasi di Amanah Takaful. Dan berita penyaluran nya pun selalu terupdate di media social amanah takaful.

Informasi & Konfirmasi Donasi :

WA : wa.me/6282116318200

Website : amanahtakaful.org

Instagram : amanah_takaful dan amanah.wakaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Bisa kami bantu?
Assalamuallaikum..